Cara Melewatkan Beberapa Pengguna Hp Hotspot di Mikrotik

     Para administrator jaringan pada artikel kali ini admin akan membahas mengenai bagaimana cara bypass atau melewatkan beberapa pengguna hp pada hotspot agar mereka tidak lagi memasukkan username dan password saat ingin menggunakan jaringan. Bagaimana caranya ? ikuti tutorial di bawah ini. 

    Pastikan sudah membuat atau konfigurasi hotspot. Jika belum setting hostpot bisa langsung baca  artikel di bawah ini 

Cara Setting Hotspot di Mikrotik


Pastikan pengguna telah login ke hostpot kita terlebih dahulu. Setelah pengguna login ke hotspot selanjutnya adalah langkah-langkah konfigurasi bypass pengguna di mikrotik. 

Pertama buka winbox. Lalu buka menu Ip kemudian Hostspot.

Setelah itu pindah ke tab Active untuk melihat pengguna yang telah login ke hotspot. 

Cara 1

Pilih pengguna mana yang ingin di bypass atau di lewatkan autentikasinya pada saat menggunakan jaringan kita. Dengan cara klik 2x pengguna hotspot lalu salin mac address atau ip address pengguna tsb. Setelah selesai menyalin klik ok

daftar pengguna yang aktif

salin address dan mac address

Selanjutnya pindah ke tab ip bindings. Lalu klik tombol tambah (+) di pojok kiri atas layar. 

Masukkan mac address pengguna di kolom mac address, masukkan ip address pengguna di kolom ip address dan untuk to address nya bisa di isi ip address pengguna ataupun ip dari hotspot kalian. Untuk server bisa dipilih all atau pilih hotspot yang ada kalau hanya ingin bypass di satu hotspot saja. Dan untuk type bisa di pilih bypassed. Setelah itu klik ok


Post Terkait : Blok semua situs dan satu situs yang dapat di akses menggunakan mikrotik

Cara 2

Pada tab active lihat ip address yang ingin di bypass. Setelah itu pindah ke tab hosts. Klik 2 kali ip address pengguna yang ingin di bypass atau dilewatkan. 


Kemudian klik make binding. Nanti akan ada form bindings seperti pada cara 1. Untuk penjelasan sama seperti cara 1. Silakan masukkan sesuai keperluan.


 

Catatan : Mac address setiap perangkat handphone jaman sekarang bisa saja berubah-ubah jadi alternatifnya bisa menambahkan ip address yang static pada saat pengguna pertama kali masuk ke hotspot. Untuk yang belum tahu caranya akan admin bahas dalam tulisan berikutnya. 

Selesai, Itulah cara melewatkan beberapa pengguna Hp di Hotspot Mikrotik. Jangan lupa baca artikel lainnya mengenai mikrotik di sini . Dan Jika Artikel ini berguna semoga berkenan membagikannya kepada orang lain melalui tombol share di bawah. Terima Kasih. 

Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post