Cara membuat hotspot di mikrotik melalui winbox

Hotspot sistem di gunakan untuk memberikan akses ke jaringan internet atau intranet yang bisa di gunakan menggunakan media transmisi kabel maupun wireless. Ada banyak fitur yang terdapat di hotspot ini salah satunya adalah HOTSPOT SERVER. Dalam konfigurasi hotspot server hanya boleh satu interface yang dapat di gunakan sebagai hotspot server. Pada kesempatan ini saya tidak akan membahas mengenai fitur-fitur yang ada di hotspot tapi saya akan memberi kalian pengetahuan mengenai bagaimana cara membuat hotspot tsb.

Tidak ada salahnya mencoba sesuatu hal yang baru di dunia ini selama itu masih bisa kamu lakukan dan tidak memberatkan orang lain. Langsung saja ikuti tutorial di bawah ini. Sebelum kalian melakukan konfigurasi hotspot ada beberapa langkah yang harus kalian lakukan sebelumnya yaitu:

1. Setting ip address di mikrotik
    Tanpa setting ip address maka hotspot tersebut tidak bisa bekerja sama halnya dengan nomor rumah
2. Membuat dhcp server ( tidak wajib )

Jika sudah kita langsung ke konfigurasi

Pada menu Ip silakan masuk ke konfigurasi hotspot
Pilih tab hotspot setup tentukan interface berapa yang mau kalian jadikan hotspot tapi jangan menggunakan interface yang interface internet. Jika sudah terus saja pilih next pada konfigurasi-konfigurasi setelahnya
Silakan tentukan username dan password yang nantinya ingin kalian gunakan saat login ke hotspot
Jika sudah akan muncul seperti ini dan router akan otomatis disconnect
Sekarang kalian browsing ke internet dan apa yang terjadi ? . Jika kalian di redirect ke halaman login hotspot berarti kalian sudah berhasil konfigurasi hotspot. Silakan masukkan username dan password yang sudah kalian buat pada saat konfigurasi hotspot tadi. Oh ya sebelum kalian login tanda internet kalian akan muncul tanda seru (!)
Jika sudah berhasil login maka logo internet di pojok kanan bawah akan sama seperti bagaiman seharusnya kalian tersambung internet





Selesai. Itulah beberapa cara konfigurasi hotspot di mikrotik .
Lihat beberapa konfigurasi mikrotik lainnya DISINI

Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post