Review Aplikasi Buku Warung

Untuk para pelaku usaha membuat sebuah catatan usaha adalah sesuatu yang wajib dilaksanakan apabila ingin melihat bagaimana perkembangan kinerja dari usahanya entah itu menggunakan pembukuan manual ataupun menggunakan aplikasi agar pencatatan lebih mudah dan efisien. 

Berbicara mengenai penggunaan aplikasi dalam pencatatan penjualan ataupun transaksi harian lainnya sudah pasti ada kelebihan dan  kelemahan dibalik penggunaan disetiap aplikasi pencatatan yang ada. 

Admin disini akan me-review aplikasi pencatatan untuk para pelaku usaha yang sudah lama admin gunakan yaitu aplikasi Buku Warung. Saat artikel ini ditulis aplikasi buku warung hanya tersedia untuk android saja sedangkan untuk ios masih belum ada.

source img : twimg

Aplikasi Buku Warung adalah sebuah aplikasi pencatatan transaksi harian dan hutang piutang. Selain itu aplikasi buku warung memiliki fitur lainnya seperti pembayaran digital. Aplikasi ini sangat cocok untuk para pelaku usaha yang memiliki stok barang karena pada aplikasi buku warung terdapat fitur stok barang untuk memudahkan mengatur stok barang. 

Untuk lebih jelas admin akan rinci fitur-fitur yang ada pada aplikasi buku warung dibawah ini. 

  1. Catatan Harian
  2. Catatan Hutang Piutang
  3. Kelola Stok Produk
  4. Pembayaran Digital
  5. Lainnya
1. Catatan Harian

Pada fitur catatan harian ini pengguna dimudahkan dengan interface yang sangat mudah dimengerti untuk  pelaku usaha. Selain itu untuk menyimpan banyak catatan sekaligus, aplikasi buku warung sudah menyediakan fiturnya jadi dipastikan tidak akan memakan banyak waktu untuk melakukan pencatatan sekaligus.

2. Catatan Hutang Piutang

Fitur ini menyimpan catatan hutang maupun piutang. Kelebihan yang ada dalam fitur pencatatan hutang maupun piutang ini adalah langsung tagih pembayaran, download laporan hutang-piutang, pengingat, pesan otomatis yang akan pelanggan terima setelah tanggal jatuh tempo ataupun pesan akan langsung diterima setelah admin toko memasukkan hutang. 

3. Kelola Stok Produk

Pada fitur ini dapat melakukan pencatatan stok barang yang ada saat ini, menyesuaikan jumlah stok yang menumpuk dan terjual dan memasang harga untuk stok barang yang ada. 

4. Pembayaran Digital

Fitur ini adalah fitur yang admin gunakan pada tutorial sebelumnya yaitu cara transfer uang bebas biaya admin. Dalam fitur ini pengguna bisa melakukan transfer uang ataupun menagih uang ke pelanggan yang dibebaskan dengan biaya admin. Jadi pelanggan akan melakukan pembayaran lewat virtual account yang diberikan oleh aplikasi nantinya. Fitur ini juga bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari pelanggan maupun orang lain. Pelanggan juga bisa membeli pulsa, listrik, pengisian e-wallet, dan juga paket data pada fitur pembayaran ini. Perlu diperhatikan fitur pembayaran baru akan muncul setelah pengguna membuat paling tidak 20 transaksi. 

5. Lainnya

Fitur lainnya yang admin maksud disini adalah fitur-fitur tambahan untuk menunjang proses kelancaran transaksi seperti pembuatan kartu nama, pengaturan nota dan pengingat pembuatan transaksi. 


Terlepas dari semua fitur yang telah admin bahas terdapat juga beberapa kekurangan yang admin rasakan selama penggunaaan aplikasi buku warung dan sampai artikel ini terbit. 

Kekurangan aplikasi buku warung

1. Customer Service sulit dihubungi.

  walaupun aplikasi buku warung mencantumkan fitur hubungi kami dengan mengarahkan langsung menghubungi lewat aplikasi whatsapp tetapi saat menhubungi lewat whatsapp yang membalas adalah fitur otomatis whatsapp tetapi tidak pernah dihubungi kembali oleh customer service secara langsung. 

2. Tidak ada waktu (jam/menit) saat pencatatan dan transaksi

Menurut admin adanya pengaturan jam saat transaksi sangat diperlukan. Bayangkan saja ada pelanggan yang lupa bahwa mereka berhutang namun tidak ingat jam berapa tetapi di catatan tersebut ada transaksi tentu ini akan mengubah pandangan pelanggan terhadap toko. Walaupun pada saat ubah transaksi muncul tetapi itu adalah waktu saat pencatatan transaksi bukan waktu transaksi dilakukan. 

3. Fitur Transfer Uang lambat masuk ke rekening penerima

Selama penggunaan aplikasi buku warung untuk transfer uang ke pelanggan, admin membutuhkan waktu kurang lebih 10m agar uang sampai ke pelanggan jadi ini sangat tidak efisien. *Sampai artikel ini diterbitkan

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada yang ingin menambahkan pengalaman lain selama penggunaan aplikasi Buku Warung. Terima Kasih.

Budiawan

Saya suka dengan hal-hal yang sangat menyenangkan terutama olahraga futsal hehe facebook instagram

Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post