Cara Mengubah Tipe Partisi GPT menjadi MBR Saat Install Ulang tanpa pindah ke PC

 Apa kabar para pembaca, semoga kalian semua sehat dan dapat menjalani aktivitas dengan sebaik mungkin. Pernah tidak kalian saat install ulang kemudian tipe partisi tidak mendukung sehingga kesulitan dalam proses instalasi? biasanya ini terjadi ketika akan install ulang dari windows 10 menjadi windows 7 (downgrade) dimana tipe partisi hdd sebelumnya bertipe GPT. Untuk melakukan install ulang dari windows 10 menjadi windows 7 diharuskan tipe partisinya adalah MBR. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu GPT dan MBR bisa baca artikel di bawah ini.

Baca Juga : Pengertian GPT dan MBR pada HDD

 Tanpa disadari seringkali kita ceroboh saat melakukan instalasi laptop dengan menghapus partisi system sehingga lupa untuk mengecek apakah hdd tersebut bertipe GPT atau MBR. Kalau tipe hdd memang sudah aman tapi bagaimana kalau tipe partisi tersebut masih GPT nah itu adalah sumber masalahnya. Tapi tenang admin disini akan berbagi bagaimana cara mengubah tipe hdd dari GPT menjadi MBR. Untuk software nya bisa kalian klik pada link ini

Langkah pertama adalah kalian bisa buat bootable menggunakan aplikasi rufus atau aplikasi pembuat bootable lainnya. 

Selanjutnya boot pada komputer dengan hdd yang ingin diubah sama halnya seperti akan melakukan install ulang laptop. Secara otomatis akan muncul tampilan seperti ini pada gambar dibawah ini.

Pilih salah satu hdd yang ingin diubah tipe partisinya. Dengan cara klik sekali pada Disk 0 atau Disk 1 (jumlah disk tergantung berapa jumlah hdd yang terpasang di komputer. hdd yang ada pada komputer admin saat ini adalah 2 sehingga akan muncul disk 0 dan disk 1) lalu klik kanan. Akan muncul beberapa menu pilihan. Silakan pilih convert to MBR disk. 

Jika ada konfirmasi silakan pilih ok. 

Selanjutnya akan di pojok kanan atas layar akan muncul angka jumlah tugas yang akan di proses. karena hanya akan melakukan 1 proses maka akan muncul angka 1 di layar pojok kanan laptop. Silakan klik apply untuk melakukan proses dan klik proses untuk menjalankan tugas. 

Tunggu hingga proses konversi selesai.. Setelah semua selesai hdd telah bisa digunakan untuk melakukan install ulang windows 7.. Selamat mencoba dan Terima kasih karena telah membaca sampai akhir dan semoga berguna.



Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post