Pengalaman Mengikuti Lomba Keterampilan Siswa (LKS)

    Pengalaman saya yang akan di sharing kali ini adalah pengalaman ketika saya mengikuti ajang tahunan SMK yang bernama LKS (Lomba Keterampilan Siswa). Ajang ini adalah tempat dimana kita mengadu keterampilan kita selama bersekolah di SMK.

    Kebetulan di sekolah saya yaitu SMK TI Bali Global Singaraja selalu ikut serta dalam ajang ini. Sehingga saya pun bisa mengikutinya. Ada tingkatan-tingkatan dalam LKS yaitu dimulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional kemudian internasional.

    Jika menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten maka akan mewakili kabupaten untuk berlomba di tingkat provinsi begitupun seterusnya sampai internasional.

    Di artikel ini saya akan tulis pengalaman dari awal mulai sampai akhir. Pada pertama mengikuti ajang ini saya benar-benar tidak tahu apa-apa mengenai apa yang saya kerjakan. Oh ya saya ikut LKS dalam bidang mata Lomba IT Networking support. Di mana kita diharuskan mengkonfigurasi sebuah server.

    Jadi waktu pertama kali ikut itu di tahun 2015. Waktu itu saya masih kelas 10 jadi hanya sedikit yang saya ketahui mengenai server itu. Akhirnya ketika lomba di kabupaten saya mendapat peringkat 4. Setelah itu berakhir saya terus di bina oleh pembina saya dan mencoba kembali di tahun 2016.

    Akhirnya saya mendapat hasil yang bagus. Saya mendapat peringkat 1 dalam ajang LKS ini. Tentu ini membuat saya bisa mewakili kabupaten dalam berlomba di tingkat provinsi.
    Di tingkat provinsi dewi fortuna mungkin tidak berpihak kepada saya karena saya mendapat juara 2 di tingkat provinsi jadi harapan saya untuk bisa pergi ke tingkat nasional hilang. Sebenarnya harapan itu memang tidak ada karena dari soal yang di berikan saya hanya dapat mengkonfigurasi 80%. Dan soalnya baru di kirim 1 minggu sebelum lomba di mulai.



    Tapi banyak hal yang saya dapat setelah mengikuti ajang LKS ini dari saya yang tidak tahu apa-apa sampai akhirnya saya bisa menjadi seperti ini. Saya juga sangat bangga bisa bersekolah di SMK TI Bali Global Singaraja karena apa yang saya dapat di sekolah ini mungkin tidak saya dapat di sekolah lain.

    Contohnya saja typing skills. Typing skills adalah skill mengetik 10 jari yang bisa kalian dapat hanya di Sini. Kalian akan ajari dari dasar sampai kalian mampu menguasai keyboard nah untuk itu kalian bisa lihat video di bawah ini untuk melihat skills saya mengetik 10 jari. 

    Semua tidak ada yang gampang di dunia ini jika kalian tidak bekerja keras maka kalian akan menjadi budak di kehidupan kalian sendiri.

    Apa yang kalian lakukan harus dapat berguna bagi diri kalian sendiri dan juga orang lain. Jujur saya ini orang yang agak malas. Bukan berarti saya ini malas hehehehe.. kalau kalian tidak bisa menyamai orang lain maka jadilah orang yang berbeda ingat berbeda yang positif jangan berbeda yang negatif.

Mungkin hanya itu pengalaman yang dapat saya sharing ke kalian semua semoga kalian menjadi termotivasi dengan apa yang saya tulis.

Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post