pengertian dan jenis-jenis pada keyboard

Pengoperasian perangkat computer memerlukan  beberapa perangkat, baik perangkat keras (hardware) maupun perangkat lunak (software). Salah satu perangkat keras yang di butuhkan dalam pengoprasian computer  adalah keyboard. Keyboard berfungsi sebagai perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan perintah-perintah ke dalam computer.
                Pada perkembangan software saat ini deketahui bahwa untuk melaksanakan perintah-perintah atau instruksi dalam computer banyak digunakan dengan menggunakan mouse, namun bukan berarti bahwa keyboard tidak berfungsi lagi untuk melakukan instruksi langsung. Untuk program yang beroprasi di bawah/under DOS, maka instruksi secara otomatis dilakukan dengan menggunakan keyboard.
1.       Jenis-jenis keyboard
a.       Jenis keyboard berdasarkan fisik
1)      Keyboard PS/2
Keyboard ini biasanya digunakan oleh computer jaman dahulu tapi sekarang pun masih ada yang menggunakan keyboard jenis ini. Pemasangan keyboard ini tidak secara langsung dimasukkan begitu saja tapi setelah memasukkan harus di restart terlebih dahulu.
2)      Keyboard wireless
Keyboard wireless ini adalah keyboard yang tidak menggunakan kabel sebagai penghubung tetapi menggunakan infrared, wifi, atau Bluetooth.
3)      Keyboard USB
Keyboard jenis ini dihubungkan melalui port USB. Penggunaan konektor ini menjamin transfer data lebih cepat dibandingkan konektor lainnya dan tidak perlu restart lagi jika ingin menggunakannya.
b.      Jenis keyboard berdasarkan tombol-tombol yang dimiliki
1)      Keyboard QWERTY
2)      Keyboard DVORAK
3)      Keyboard KLOCKENBERG
4)      Keyboard Maltron
5)      Keyboard CHORD
6)      Keyboard Alphabetik
7)      Keyboard Numeric
2.       Trobleshooting (permasalahan) keyboard

Bila sebuah keyboard mengalami kerusakan pada tombol maka masih bisa diperbaiki tapi, jika kerusakannya terdapat pada kabel maka terpaksa kita harus membeli keyboard yang baru. Banyak hal yang dapat membuat keyboard menjadi rusak seperti: jatuh, terkena air, banyak debu, sering dipakai (main game atau kegiatan sehari-hari) dan masih banyak lagi. Bagaimana ika tombol keyboard pada laptop hanya rusak satu tombol dan kita sedang menulis sebuah surat penting? Tidak mungkin kita meninggalkan tugas itu dalam waktu lama hanya untuk membeli sebuah keyboard cadangan. Kita bisa membuka suatu tugas yang berisi huruf yang tombolnya rusak tersebut. Itulah alternatif pertamanya.

Mohon untuk berkomentar yang bijak. Jangan Lakukan Spam Komentar. Komentar akan dibalas secepatnya. Terima Kasih

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post